Jumat, 03 Februari 2012

Call Center

Merespon Lebih Cepat Setiap keluhan Pelanggan
Baca juga artikel tentang Call Center di sini.

Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi, Wahyu Prihantono menyatakan bahwa pembangunan Call Center ini merupakan komitmen untuk memberikan kualitas pelayanan terbaik. Pertama perusahaan harus mempunyai Standar pelayanan atau dasaran keadilan, konsistentsi, efisiensi, efektifitas dan menyenangkan hati.

Guna memperlancar komunikasi dengan pelanggan, perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi pada awal Februari ini meluncurkan Cal Center.

Sistem baru ini diterapkan oleh PDAM Tirta Bhagasasi guna memaksimalkan pelayanan bagi pelanggan. Dengan jumlah pelanggan yang mencapai 154.000 tentu bukan hal yang mudah untuk melayani semua pelanggan tersebut. Namun juga bukan hal yang mustahil untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan.


Pembangunan Call Center bertujuan menjadi pusat layanan terhadap keluhan, masalah dan gangguan yang dihadapi pelanggan, serta membantu memberikan informasi dan solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi pelanggan. Bukan itu saja, Call Center juga merangkap fungsinya yaitu menghasilkan database permasalahan dan solusi yang diberikan kepada pelanggan sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam penyelesaian masalah yang dihadapi pelanggan tersebut bila timbul atau terulang lagi.

Dengan layanan yang baru ini diharapkan PDAM Tirta Bhagasasi melangkah pada perwujudan perusahaan yang profesional. Perusahaan yang menjalankan bisnis air minum yang berorientasi pada kepuasan stake holder yang memberikan nilai bagi pemilik, karyawan dan masyarakat Bekasi.

Saat ini pengaduan pelanggan bisa melaluui berbagai cara. Pelanggan bisa datang ke Customer Service atau tatap muka dan mengadukan tentang berbagai keluhannya.

Namun karena perkembangan teknologi dan juga terbatasnya waktu pelanggan untuk bisa menyambangi Customer Service tersebut, PDAM Tirta Bhagasasi membuka layanan Cal Center sendiri yang merupakan jembatan bagi komunikasi antara PDAM Tirta Bhagasasi dengan para pelanggan.

Adapun sistem yang telah ada adalah Call Center dengan pelayanan operator langsung serta SMS Gateway. Call Center dengan layanan operator terdiri dari tiga line telepon sistem hunting pada nomor (021)8885.6666. Operator dari Call Center ini akan melayani sesuai dengan jam kerja pada umumnya.


Waktu Layanan Operator Customer Service Langsung
1. Hari Senin s/d Kamis mulai pukul 08:00 WIB s/d 16:00 WIB
2. Hari Jum'at  mulai seperti hari biasa dengan jeda istirahat dari pukul 11:30 WIB s/d 12:30WIB
3. Hari Sabtu mulai pukul 08:00 WIB s/d 14:00 WIB

Sistem Operator Pelayanan Otomatis Komputer
Pelanggan dapat menghubungi PDAM Tirta Bhagasasi dengan cara menelepon bagian Customer Service. Sistem ini memiliki dua layanan, yaitu dapat langsung dengan operator dan dapat juga terhubung dengan sistem komputer. Untuk operator manual, langsung dilayani oleh Dina Lusiana atau Dian Pramesti. Di bawah komando Teddy T. Syam, para operator ini akan melayani dengan ramah kepada semua pelanggan yang terhubung.

Untuk nomor Customer Service PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi adalah:
- (021) 8885.6666 (nomor utama) hunting

Waktu Pelayanan Otomatis Komputer adalah 24 jam setiap harinya, kecuali pelayanan operator disesuaikan dengan hari kerja / jam kerja dari jadwal piket, yaitu:
- Hari Senin s/d Jum'at : mulai pukul 08:00 WIB s/d 16:00 WIB
- Hari Sabtu : mulai pukul  08:00 WIB s/d 14:00 WIB
Sedangkan untuk hari Minggu dan libur lainnya akan dilayani oleh sistem komputerisasi.

Setiap panggilan yang masuk, kali pertama akan diterimadengan sitem komputerisasi dan kemudian sistem akan membimbing penelepon untuk mendapatkan informasi atau bantuan yang diperlukan.

Menu-menu yang tersedia dalam sistem komputerisasi Call Center adalah sebagai berikut::
Greeting:
"Selamat datang di Call Center Pelayanan Pelanggan PDAM Tirta Bhagasasi,"
- Tekan 1 untuk Informasi Tagihan
* Tekan 1 untuk Informasi Tagihan Bulan berjalan,
Masukkan 11 digit nomor sambung pelanggan anda diakhiri tanda #
Nomor Pelanggan Anda adalah [..........................] tekan 1 jika benar.
Tekan 2 jika salah.
Mohon tunggu sistem kami akan memproses data Anda.
Tagihan Anda di bulan [.................] adalah sebesar [..................] rupiah.

* Tekan 2 untuk Perincian Tagihan,

Masukkan 11 digit nomor sambung pelanggan anda diakhiri tanda #
Nomor Pelanggan Anda adalah [..........................] tekan 1 jika benar.
Tekan 2 jika salah
Mohon tunggu sistem kami akan memproses data Anda.
Tagihan Anda di bulan [............], [............], [............] dst adalah sebesar [............] rupiah.

* Tekan 3 untuk mengulang informasi ini
* Tekan 4 untuk kembali ke menu utama, atau
* Tekan 0 untuk mengakhiri.

- Tekan 2 untuk Pelayanan Gangguan
Mohon tunggu sistem kami akan memproses data Anda (dalam proses terhubung dengan operator). Pada saat pengaduan masuk di luar jam kerja, sistem secara otomatis akan meminta nomor sambung pelanggan untuk identifikasi dan kemudian sistem akan mengirimkan melalui SMS nomor telepon serta nomor sambung pelanggan ke nomor telepon yang telah ditentukan (Kepada Cabang Wilayah Pelayanan terkait).


- Tekan 3 untuk informasi lainnya
* Tekan 1 untuk Informasi Penyambungan kembali

Syarat Penyambungan Kembali
1. Melunasi seluruh tunggakan
2. Membayar biaya penyambungan kembali


* Tekan 2 untuk Balik Nama
Syarat Balik Nama
1. Tidak ada tunggakan rekening
2. Fotokopi rekening terakhir
3. Fotokopi KTP
4. Mengisi Formulir Balik Nama
5. Membayar Biaya Balik Nama


- Tekan 4 untuk Informasi Pasang Baru

Syarat Pasang Baru adalah
1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi Kartu Keluarga
3. Fotokopi SPPT PBB atau Sertifikat
4. Rekening Listrik Terakhir
5. Materai Rp 6.000,-
6. Mengisi Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan

Pendaftaran dapat dilakukan di seluruh kantor cabang dan unit wilayah pelayanan. Untuk transaksi pembayaran dapat dilaksanakan di seluruh loket-loket pembayaran.

- Tekan 5 untuk berbicara dengan operator kami

Masukkan 11 digit nomor sambung pelanggan Anda diakhiri dengan tanda #.
Tekan 1 jika benar
Tekan 2 jika salah.
Mohon tunggu sistem kami akan memproses data Anda.



11 komentar:

Anonim mengatakan...

saya di villa mutiara gading blok c10 no 10 setia asih bekasi. air saya tidak mengalir sejak 22/9/12,karena ada kebocoran akibat karatan,antara meteran dengan saluran utama PAM, saya nelpon call center nggak pernah diangkat, sms center ngak ada tanggapan, e mail juga nggak dibalas, lapor ke kalimalang, suruh lapor ke unit tarumajaya, lapor ke tarumajaya,di tarumajaya saya suruh bayar Rp 300.000, katanya bahan tidak sedang tidak ada, karena saya tidak mau bayar disuruh nunggu 3samapi 7 hari.
saya ususlkan agar saya betulkan sendiri katanya nggak boleh, bagaimana ini?????

Anonim mengatakan...

Harap Anda mencantumkan Nomor Telp atau e-mail atau bila mana perlu Nomor Pelanggan Anda, agar bisa kami respon setiap pengaduan dan keluhan.

Setiap pengaduan dan keluhan yang tidak disertai keterangan dan informasi identitas (mis: anonim saja), dengan sangat menyesal tidak bisa kami layani dan ditindaklanjuti

Rochmat mengatakan...

nomor pam saya 02110950391
atas nama Anton Saufi
nama saya rahmat notel 081321970584
saya sudah telepon cal center berkali-kali tapi tidak pernah di angkat (ni call center pa hoax).

tagihan saya biasanya 46rb s/d 76rb
tiba2 bulan ini Nov 2012 tagihan saya 163rb, ini sangat aneh karena tidak ada pemakaian yg besar di rumah saya pada bulan Okt.
tolong di cek kembali dan apa solusinya?

Anonim mengatakan...

andi_lazuardi.co.id
id pelanggan saya 06310090271 apakah status nya sudah terbayar?sebab saya bayarnya di loket ppob/bank.tolong infokan ke email saya.bapak dan ibu bagian cs.mau tanya lagi knp websidenya tidak bisa cek tagihan?
terima kasih wasalam

Anonim mengatakan...

Hari ini 16 Januari 2013 dari pagi sampe sore hari air pam tidak mengalir di rumah saya daerah kranji. Padahal ini musim hujan, bagaimana PDAM mengelola sumber air? Apa solusi yang diberikan kepada pelanggan? Telp saya 8857234

Bunda Tika mengatakan...

Saya warga Pondok Ungu Permai dengan nomor pelanggan 08060200181.. Sudah seminggu ini air di Pondok ungu kecil sekali ngalirnya, bahkan mati kalo siang.. Hanya ngalir saat malam hari, itu pun tidak terlalu besar alirannya. Mohon solusi segera.. Terima kasih...

Bunda Tika mengatakan...

Saya warga Pondok Ungu Permai KOta BEkasi.. Sudah beberapa hari ini air PAM di tempat kami mati saat siang hari. Kalo malam mengalir tapi alirannya kecil.. Terpaksa setiap malam saya menampung air untuk kebutuhan siang hari.. nomor pelanggan kami adalah 08060200181
email saya kartika19@gmail.com... mohon solusi segera. Terima kasih

Unknown mengatakan...

no sambung : 06370060211
an. PT Hasana Damai Putra

Saya mau tanya mengenai tagihan, sudah 3 bulan terakhir tagihan membengkak padahal tidak ada pemakaian. angka stand di tagihan tidak tercatat sesuai dengan meteran. Saya mohon perhatiannya.
Selain itu saya juga sudah coba menghubungi call center 88856666 dan dirujuk untuk menghubungi 8884978. Sebelumnya saya juga sdh menghubungi nomor telp 8841901. Petugas PDAM hanya melemparkan nomor2 telp yang pada akhirnya tidak ada satupun jawaban dari nomor2 diatas. Sudah 3 bulan saya mencoba untuk menghubungi tapi tidak berhasil. Mohon dengan sangat ada pelayanan yg kooperatif mengenai masalah ini, karena sebagai pelanggan saya sangat kecewa

Anonim mengatakan...

saya fadhiel warga cabangbungin.....
suadah 2 minggu aliran air PAM dic.bungin mati krna ada kebocoran pipa..sampai saat ini perbaikan belum selesai atau mungkin tidak dikerjakan...dan berarti sudah 2 minggu kami tidak memiliki air bersih,..kelambanan pihak PDAM sangat disayangkan...dalam menangani hal tersebut.sungguh tidak profesional....begitulah kalau sesuatu diserahkan kpada bukan ahlinya...mohon tindaklanjutnya....krna kelamaan warga juga sudah tidak bisa sabar......karan air sumber kehdupan...terimakasih

Unknown mengatakan...

Saya tinggal di tarumajaya rt setempat ngadain pemasangan pdam secara kolektif biaya yg di kenakan 2,5jt untuk gelombang pertama dan elombang kedua kena biaya 3jt menurut saya itu lumayan mahal.ada sebagian pihak yg kurang setuju dengan harga itu alhasil saya dan beberapa warga lain memiliki inisiatif untuk daftar sendiri ke pdam, sayapun ke kantor pdam tapi yg saya dapatkan saya malah di suruh daftar yg di rt ,, saya KECEWA?!?!?! Bkn nya di beri solusi. Apa ada permaianan yaaa rt sm pdam ,, ???

Unknown mengatakan...

Met sore saya pelanggan nomor 02110750151, rumah saya di bekasi permai rumah ksong, setiap bulan saya hanya membayar abudemen saja, tetapi untuk tagihan juni 2015 menjadi 238.800, kok bisa jadi segini bayarnya.

Mohon penjelasan

Terima kasih

Tirta Bhagasasi - Call Center: (021)8885.6666 - SMS Gateway: 085214001500