Minggu, 05 Februari 2012

Tirta Bhagasasi Buka 50.000 Sambungan Baru

BEKASI, (PRLM).- PDAM Tirta Bhagasasi tahun ini akan membuka sambungan bagi 50.000 pelanggan baru di Kabupaten Bekasi. Namun pembukaan sambungan tersebut baru bisa menjawab sekitar 70 persen dari total pemohon sekitar 71.000 kepala keluarga, sehingga sisanya masih berada dalam daftar tunggu.

Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Wahyu Prihantono mengatakan, pemasangan sambungan baru tersebut terbagi dalam dua projek berbeda. Pertama, pembukaan sambungan baru bagi 30.000 pelanggan yang pengerjaannya cukup dilakukan dengan pemasangan pipa-pipa baru. "Pipanisasi ini didanai oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan anggaran sekitar Rp 15 miliar," ucap Wahyu.


Ada pun projek kedua berupa pembangunan tiga Water Treatment Plant (WTP) baru dengan debit air 50 liter/detik. Masing-masing berlokasi di Tambelang, dan Tambun. Pembangunan tiga WTP baru tersebut memakan anggaran total Rp 40 miliar. Namun pendanaannya ditanggung pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum.

"Pemerintah pusat berkepentingan mencapai target MDGs (Millenium Development Goals, -red) menyediakan akses saluran air bersih kepada masyarakat. Namun Pemerintah Kabupaten Bekasi juga menyiapkan dana pendamping sebesar Rp 9 miliar," ucap Wahyu.

Dana tersebut digunakan untuk memasang pipa-pipa ke rumah pelanggan. Pipa sepanjang 5 kilometer itu dapat menjangkau 20.000 pelanggan baru yang selama ini kesulitan mengakses air bersih.

Sementara bagi warga Kota Bekasi, PDAM Tirta Bhagasasi belum merencanakan pembukaan sambungan baru. Sebab selain dilayani oleh PDAM Tirta Bhagasasi, warga Kota Bekasi dapat pula mengakses air bersih produksi PDAM Tirta Patriot.
Ada pun PDAM Tirta Patriot tahun ini akan membuka jaringan pipa sepanjang 45 km untuk menjangkau pelanggannya. Menurut Direktur Utama PDAM Tirta Patriot Ahmad Zulnaeni, pembangunan jaringan pipa tersebut didanai secara patungan.

"APBN mengalokasikan Rp 4,5 miliar untuk pembangunan jaringan sepanjang 16 km. Sementara dari APBD Kota Bekasi, kami mendapat Rp 10,4 miliar untuk pembangunan jaringan sepanjang 29 km dan pembangunan reservoir di Teluk Buyung," katanya.
Sumber : Pikiran RakyatOnline (A-184/A-147)***

Tidak ada komentar:

Tirta Bhagasasi - Call Center: (021)8885.6666 - SMS Gateway: 085214001500