Selasa, 15 Februari 2011

Pemkot Bekasi Naikkan Harga Jual Air Baku PDAM

Anggota Komisi C DPRD Kota Bekasi Ahmad Ustuchri
BEKASI (Pos Kota)
Pemerintah Kota Bekasi segera menaikkan harga jual air baku dari PDAM Tirta Patriot ke PDAM Tirta Bhagasasi. Pasalnya, air baku yang di beli itu, di jual kembali ke konsumen oleh PDAM Tirta Bhagasasi dengan harga 126 persen dari harga pembelian air baku tersebut.

PDAM Tirta Patriot milik Pemkot Bekasi diketahui menjual air baku kepada PDAM Tirta Bhagasasi yang merupakan PDAM bersama milik Pemkot dan Pemkab Bekasi. Dari data yang di dapat, PDAM Tirta Patriot menjual air baku seharga Rp1.500 per meter kubik kepada PDAM Tirta Bhagasasi.


Yang mengejutkan, harga jual air yang dibeli tersebut ternyata mencapai 126 persen dari harga pembelian.”Kami mendapat informasi harga air PDAM Tirta Bhagasasi yang dijual ke konsumen rata-rata Rp3.400 per meter kubik,” ungkap Anggota Komisi C DPRD Kota Bekasi Ahmad Ustuchri.

Melihat harga tersebut, tentunya PDAM Tirta Bhagasasi meraup keuntungan yang sangat besar yakni, Rp1.900 per meter kubik. Ahmad Ustuchri mengasumsikan, bila dalam sebulan PDAM Tirta Patriot menjual sebanyak 450.000 meter kubik air dengan harga Rp1.500 per meter kubik. Maka, PDAM Tirta Bhagasasi meraih keuntungan sebesar Rp855 juta per bulan.

Oleh karena itu, dengan tingginya harga jual PDAM Tirta Bhagasasi kepada konsumen, DPRD meminta agar PDAM Tirta Patriot menaikkan harga jual air baku ke PDAM Tirta Bhagasasi. Hal ini sangat penting agar PDAM Tirta Patriot pun meraup keuntungan yang tidak terlalu jauh, sehingga dapat dipergunakan untuk investasi PDAM Tirta Patriot dalam mengembangkan pelayanan kepada konsumen. “Kami sarankan naikkan harga jual kepada PDAM Tirta Bhagasasi, kalau mereka tidak mau putus saja. Ini kan permasalahan bisnis,” katanya.

Plt Sekda Kota Bekasi Dudi Setiabudhi mengatakan, saat ini PDAM Tirta Patriot memang tengah menyusun draft untuk menaikkan harga jual air baku kepada PDAM Tirta Bhagasasi.

Menurutnya, dari laporan manajemen PDAM Tirta Patriot harga jual air baku ke PDAM Tirta Bhagasasi akan naik menjadi Rp2.300 per meter kubik.”Draftnya telah disusun dan disampaikan ke PDAM Tirta Bhagasasi, tetapi hingga kini belum final,” tukasnya.

Dudi Setiabudhi menuturkan, kenaikan harga jual tersebut memang sudah pantas dilakukan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan PDAM Tirta Patriot. Nantinya, kata dia, bila kenaikan harga ini sudah disepakati maka tentunya PDAM Tirta Patriot dapat mengembangkan pelanggan di wilayah Bekasi Utara dan Medan Satria yang belum terjangkau.
(dieni/sir)

Tidak ada komentar:

Tirta Bhagasasi - Call Center: (021)8885.6666 - SMS Gateway: 085214001500