Kamis, 09 Desember 2010

Info Pelayanan


Layanan PDAM Bekasi Buruk: Kurang Investasi

BEKASI, (PRLM) 
Masih rendahnya investasi untuk PDAM Tirta Baghasasi (PDAM Bekasi dulu) membuat layanan pemenuhan kebutuhan air bersih di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi oleh perusahaan ini masih belum maksimal.

Direktur utama PDAM Tirta Baghasasi, Wahyu Prihantono mengatakan, saat ini layanannya untuk Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi masih sangat minim karena rendahnya dana yang tersedia untuk investasi infrastruktur.


Hal ini, kata Wahyu mengakibatkan PDAM hanya berharap dari infrastruktur yang telah lama dan mulai mengalami kerusakan sehingga produksi air tidak bisa berjalan maksimal. Ditambah lagi, pencemaran serta endapan yang parah pada sumber air baku PDAM juga memaksa pipa tua itu untuk bekerja lebih keras. Sementara, biaya produksi masih mengandalkan dari para pelanggan. "Padahal, kalau mau bagus, harus ada investasi dari pihak lain sehingga bisa berkembang," katanya. Harga jual air yang masih terlalu rendah dibandingkan daerah lain di wilayah perkotaan membuat sejumlah investor mundur.

"Kami tidak bisa terus menerus mengandalkan dana yang diperoleh dari konsumen karena harga jual air masih rendah. Kalau dijual Rp 10 per liter kami sanggup," kata Wahyu. Sementara, saat ini pihaknya baru bisa menjual air Rp 2 per liter atau Rp 2000 per meter kubik. Harga ini masih jauh dari biaya produksi per meter kubiknya yang mencapai Rp 2.800. Hal ini pula, lanjut Wahyu yang menyebabkan pihaknya baru bisa menambah 1.000 pelanggan hingga Desember 2010. Jumlah itu untuk mencapai target 148 ribu pemasangan saluran baru tahun 2010. Sampai saat ini PDAM sudah membuat 147 ribu pemasangan.

Saat ini, cakupan layanan PDAM Tirta Baghasasi masih relatif kecil, yakni baru 40 persen untuk wilayah Kota Bekasi dan 37 persen untuk wilayah Kabupaten Bekasi. Padahal, idealnya, PDAM memiliki cakupan 80 persen wilayah perkotaan dan 60 persen wilayah pedesaan. Belum lagi, keluhan warga soal air yang dihasilkan oleh PDAM yang kadang berwarna, keruh, dan berbau. Bahkan, tidak jarang air tidak keluar dalam beberapa hari. Misalnya yang dikeluhkan oleh sejumlah warga di Kecamatan Bekasi Utara dan Medan Satria. (A-155/das)***

3 komentar:

Ferrari JF mengatakan...

Saya tertarik dengan investasi ini..untuk pembicaraan lebih lanjut mengenai investasi ini penerbit bisa hub langsung ke email saya luciver23@yahoo.com Insya Allah saya bisa menghubungkan langsung dengan investor Taiwan.Terimakasih.

Anonim mengatakan...

Kurang investasi atau investasi ada tetapi manajemen yang tidak profesional dalam pengaturan krn sdm yang tidak memadai ?

shaqtea mengatakan...

Layanan PDAM Bhagasasi tidaklah buruk, tapi teramat sangat buruk sekali. Dengan kualitas setara air sungai dan harga setara air zam-zam. Berapa harga Anda per-meter kubik?? 2000?? 4000??? atau 8000??? utk kelas perumahan di ujung timur bekasi dengan type 21??? Padahal bahan baku air Anda sendiri masih di suplai PDAM Kota Bekasi. Berapa Anda beli dari Kota Bekasi dan berapa Anda jual?

Tirta Bhagasasi - Call Center: (021)8885.6666 - SMS Gateway: 085214001500