Senin, 05 Desember 2011

Pipa PAM Bekasi Bocor, Warga Kesulitan Air Bersih

BEKASI (Pos Kota) – Pipa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi, Bekasi, Jawa Barat, bocor sejak Minggu (4/12). Akibatnya, suplai air bersih untuk masyarakat Kota Bekasi terganggu dan baru dipastikan Senin (5/12) malam, pasokan normal.

Tercatat ada 5.600 pelanggan air bersih yang ada di tujuh wilayah terpaksa kekeringan. Lokasi yang terkena imbas kebocoran pipa ini ada di Perumnas Rawalumbu, Taman Narogong Indah, Pondok Hijau, Jatimulya, Graha Mutiara, Villa Meutia Kirana.

Kepala Humas PDAM Tirta Bhagasasi, Endang mengatakan, sebagian dari wilayah yang mengalami gangguan stok air baku tersebut, mengeluhkan debit air di wilayah perumahannya berkurang. “Sebagian lagi debit airnya terhenti,” kata dia ketika memantau lokasi, Senin (5/12).


Kondisi terparah dirasakan pelanggan Minggu sore, sekitar pukul 17.00. Awalnya debit air di tujuh wilayah tersebut menurun, namun lima jam berikutnya terhenti. Pelanggan pun mengadukan hal tersebut ke PDAM Tirta Bhagasasi. “Laporan ini langsung kami tindaklanjuti dengan mendeteksi kebocoran,” ujar Endang.
Pipa yang bocor terdeteksi sekitar pukul 23.00, di saluran pipa transmisi di Jalan Borobudur, Perumnas Rawalumbu. Akibat kebocoran pipa tersebut, debit air baku PDAM Tirta Bhagasasi sekitar 150 liter per detik berkurang hingga setengahnya.

Menurut Endang, kebocoran pipa transmisi itu karena faktor alam, yakni perubahan cuaca yang menyebabkan pergeseran tanah dari kering menjadi lembab. Hal itu menyebabkan tanah longsor, dan pondasi pipa tersebut menekan saluran air sehingga mengalami kebocoran. “Kondisi tanah di sekitar Rawalumbu juga masih labil,” kata dia.

Pihak PDAM Tirta Bhagasasi langsung berupaya mengganti pipa transmisi tersebut, dengan memberi dresser atau penyambung pipa berdiameter 10 sentimeter. Suplai air baku di tujuh wilayah teritorial itu pun dikisarkan bisa kembali normal pada Senin sore.
penulis/sumber : dieni/b - poskota

3 komentar:

Anonim mengatakan...

SELAMAT MALAM PT.PDAM TIRTA BHAGASASI

SAYA PELANGGAN YANG BERTEMPAT TINGGAL DI PERUMAHAN KOTA MEGA REGENCY( CIKARANG) BLOK E 12 NO 6 SUDAH EMPAT (4) HARI INI ,SEJAK DARI TANGGAL 21-09-2012 SAMPAI DENGAN SAAT INI TANGGAL 25-09-2012
AIR TIDAK MENGALIR, KAMI SANGAT KESULITAN UNTUK MENDAPATKAN AIR.
MOHON KEPADA PENGUSAHA PT.PDAM TIRTA BHAGASASI UNTUK MEMPERHATIKAN
ALIRAN AIR
SAYA SANGAT MINTA TOLONG SAMA SEPERTI WARGA YANG LAIN YANG TINGGAL DI DAERAH SAYA

TERIMAKASIH ATAS PERHATIANYA
ASTRAWAN,P /08111899720

Unknown mengatakan...

selamat siang bpk2/ibu2 pegawai PDAM Bekasi yg ganteng2,cantik2 dan terhormat saya mau infokan kalo di perumahan tempat saya tinggal, perum Mas Naga Bintara-Bekasi airnya tidak ngalir alias mati sudah dari hari Sabtu,17/11/2012. mohon bantuannya untuk di kirimkan air karena kami sudah dua hari nahan utk tidak ke WC (utk buang air kecil/BAB)kami sudah minta tolong ke PDAM Rawa Tembaga ibu Lia 8841901, katanya yg ngirim harus dari kantor pusat bekasi jadi..tolong di bantu bpk.pimpinan PDAM Bekasi (Solihat P. ST., MM Direktur Umum)

terima kasih atas perhatiannya dan pertolongannya,

isak/021-94487227/081319002558

Unknown mengatakan...

BAPAK PIMPINAN PDAM BEKASI TOLONG DI PERHATIKAN AIR DI PERUMAHAN KAMI (PERUMAHAN MAS NAGA BINTARA-BEKASI) SUDAH DUA HARI SEBELUMNYA SUDAH MATI2 SEMPAT SEHARI JALAN KEMUDIAN HARIS SABTU 17/11/2012 KEMARIN NGAK JALAN SAMPE HARI INI KAMI UDAH DUA HARI NGAK KE WC.TOLONG PAK KINERJANYA DI BAGUSIN JUGA CALL CENTERNYA YG SUSAH DI HUBUNGIN PAK APA NGGAK MAU ANGKAT APA??

Tirta Bhagasasi - Call Center: (021)8885.6666 - SMS Gateway: 085214001500