Kamis, 23 Agustus 2012

Nisar Suryanto: Security Staff PDAM Tirta Bhagasasi Pusat

Pengabdian Tiada Batas Sekalipun di Hari Libur Besar

Menjumpai karyawan PDAM Tirta Bhagasasi di kantor pusat, Jl. K.H. Noer Ali no 1 ini sangat mudah sekali. Kita tak perlu melalui protokoler khusus, bahkan setiap orang yang hendak berkunjung ke kantor pusat PDAM Tirta Bhagasasi biasanya akan disambut dan disapa ramah oleh petugas satuan pengamanan yang terkadang ditempatkan di garda paling depan. Dialah Nizar Suryanto, lelaki kelahiran asli Bekasi tahun 1972 dan sudah bekerja lebih dari 8 tahun.

Jadi janganlah heran, jika setiap tamu yang datang berkunjung pasti akan bisa menjumpai lelaki bertubuh besar dan kekar ini datang menyambut baik di area parkir pintu gerbang maupun tepat di ruang lobby kantor pusat PDAM Tirta Bhagasasi berdiri di samping meja resepsionis. Lelaki yang akrab dipanggil bang Nizar ini, mengakui bahwa inilah pengabdiannya kepada daerah kelahirannya dengan menjadi petugas satuan pengamanan di badan usaha milik daerah Kabupaten dan Kota Bekasi. Baginya kedisiplinan kerjanya sebagai pegawai adalah bentuk pengabdian yang ikhlas dilakukannya.


Pengabdian selama 8 tahun tak membuat lelaki yang tinggal di Ciketing, Bantar Gebang ini merasa lelah, bahkan dari hari ke hari dia selalu bersyukur bisa bekerja dengan pendapatan cukup dari yang pernah dia harapkan. Rasa bersyukurnya diwujudkan dengan tetap disiplin bekerja, seperti saat ini dimana saat rekan-rekan kerjanya masih dalam masa liburan lebaran, bang Nizar masih setia bertugas menunggu kantor, seperti perkataannya, "Yah ini sudah menjadi kewajiban saya sebagai karyawan yang tanggung jawabnya menjaga keamanan dan situasi di kantor pusat PDAM."

Lelaki berbadan tegap ini juga menambahkan, suka dukanya sebagai karyawan di PDAM Tirta Bhagasasi baginya lebih banyak sukanya daripada dukanya, ujarnya lirih sambil tersenyum dan akhirnya kami tertawa. Tanpa beban dia menceritakan tentang pengalaman kerjanya menjadi karyawan honorer selama 5 tahun dan baru di tahun ke-6 hingga tahun ini dia diangkat menjadi karyawan tetap.

Harapannya tak terlalu muluk, jika dia juga menginginkan bisa sekadar berangkat umroh atau pergi haji atas bantuan biaya kantor tempatnya bekerja. "Memang kantor telah memberangkatkan umroh beberapa karyawan senior yang sudah 20 tahun lebih bekerja di sini, khususnya senior saya di satuan pengamanan. Jadi kalau mereka sudah berangkat duluan, wajar saja bukan?" tanyanya namun tersirat harapan besar di nada bicaranya.

Nizar termasuk salah satu sosok karyawan yang tak banyak menuntut, terbukti selama 8 tahun pengabdiannya dia selalu menjalankan tugasnya di garda terdepat yang langsung berhubungan dengan tamu dan bahkan kadang pelanggan PDAM Tirta Bhagasasi. Namun begitu ketika dia menghadapi kesulitan jika bertemu dengan pelanggan, dirinya mengaku tak berani mengambil tindakan yang bukan jadi wewenangnya. "Jika ada pelanggan yang memang agak sulit kami hadapi, biasanya saya arahkan mereka untuk bertemu dengan bagian Hubungan Pelanggan." pungkasnya. Rupanya bang Nizar sadar betul apa artinya pelayanan atas kepuasan pelanggan, sehingga dia tak berani melanggar batasan kewenangannya selama bertugas menjadi satuan pengamanan di PDAM Tirta Bhagasasi. Jadi apanya yang sulit berhubungan dengan Tirta Bhagasasi, jika petugas di lini terdepan saja sudah demikian mudahnya dan ramahnya menyambut setiap tamu. Mau berkunjung menanyakan permasalahan Anda ke kantor pusat PDAM Tirta Bhagasasi?

(sidikrizal.com)


Tidak ada komentar:

Tirta Bhagasasi - Call Center: (021)8885.6666 - SMS Gateway: 085214001500