Kamis, 26 April 2012

PDAM Tirta Bhagasasi Tingkatkan Kapasitas Produksi IPA Tegalgede

BEKASI, (PRLM).-PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi secara berkala meningkatkan kapasitas produksi di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tegalgede.

Tahapan pertama peningkatan kapasitas IPA yang dibiayai dari suntikan bantuan perusahaan asing asal Arab Saudi itu akan menjangkau calon pelanggan di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi.

Humas PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Fauzi Ahmad mengatakan, debit kapasitas produksi IPA Tegalgede saat ini baru sekitar 450 liter/detik. Setelah kerja sama, kapasitasnya secara bertahap akan ditingkatkan menjadi 1.000 liter/detik dalam tiga sampai lima tahun.

.
"Tidak bisa ditingkatkan sekaligus, tapi harus bertahap. Naik 100 liter/detik atau 150 liter/detik, yang pasti dalam dua sampai tiga tahun sudah 1.000 liter/detik kapasitasnya," kata Fauzi, Kamis (26/4).
Semua kelengkapan peningkatan kapasitas IPA melalui desain, bangunan fisik, serta sistem operasinya sudah siap. Uji coba dengan menaikkan kapasitas sebesar 50 liter/detik pun sudah dilakukan belum lama ini. Namun hasil uji coba yang dilakukan kurang memuaskan.

"Air olahan yang diproduksi belum memenuhi standar baku mutu. Daya listriknya pun belum memadai untuk mendukung kinerja peningkatan kapasitas tersebut," katanya.

Serangkaian perbaikan dan penyempurnaan pun dilakukan sebelum mengalirkan air hasil olahan kepada pelanggan. Selambat-lambatnya Desember 2012, pelanggan-pelanggan baru di Kecamatan Cibitung sudah dapat terlayani PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi melalui pasokan dari IPA Tegalgede.

Melalui peningkatan kapasitas IPA secara bertahap itu, panjangnya daftar tunggu calon pelanggan PDAM pun dapat dikurangi secara simultan. Saat ini, daftar tunggu calon pelanggan sebanyak 70.000 pemohon.

"Kalau kapasitas sudah sampai 1.000 liter/detik, baru semua daftar tunggu calon pelanggan itu terlayani. Namun calon pelanggan yang lain pasti masih akan ada dan masuk daftar tunggu, katanya. (A-184/A-89)***

Tidak ada komentar:

Tirta Bhagasasi - Call Center: (021)8885.6666 - SMS Gateway: 085214001500